Kamis, 05 Januari 2012

Susu kambing etawa? Apa sih?

0 komentar

Mungkin masih terasa awam dengan susu kambing etawa jika dibandingkan dengan susu sapi. Namun sebenarnya kandungan susu kambing etawa memiliki kelebihan dibandingkan dengan susu sapi. Bukan sembarang jenis kambing yang dapat d buat susu melainkan hanya jenis kambing etawa. Kambing ini berasal dari india. Etawa dipelihara sebagai ternak penghasil susu di India dan Asia. Hasil persilangan Etawa dengan kambing lokal di kenal dengan Peranakan Etawa.

Berikut merupakan kelebihan susu kambing dibandingkan dengan yang lain:
  1. Mempunyai sifat antiseptik alami dan bisa membantu menekan pembiakan bakteri dalam tubuh. Hal ini disebabkan adanya flourin yang kadarnya 10-100 kali lebih besar dari pada susu sapi.
  2. Bersifat basah (Alkaline Food) sehingga aman bagi tubuh.
  3. Proteinnya lembut dan efek laktasenya ringan sehingga tidak menyebabkan diare
  4. Lemaknya mudah dicerna karena mempunyai tekstur yang lembut dan halus lebih kecil dibandingkan dengan butiran lemak susu sapi atau susu lainnya. Dan juga bersifat homohen alami. Hal ini mempermudah untuk dicerna hingga menekan timbulnya reaksi alergi.
  5. Dengan adanya sodium (Na),Fluorin (F),Kalsium (C) dan Fosfor (P) sebagai elemen kimia yang dominan serta kandungan nutrisi lainnya,maka susu kambing berkasiat dalam :
  • Menyembuhkan reaksi-reaksi alergi pada kulit,saluran nafas dan pencernaan
  • Menyembuhkan bermacam-macam penyakit paru-paru,seperti asma,TBC serta infeksi akut lainnya pada paru-paru
  • Menyembuhkan beberapa kelainan ginjal,seperti Nepbrotic Syndrom infeksi-infeksi ginjal serta asam urat tinggi.
  • Menambah vitalitas dan daya tahan tubuh
  • Berdasarkan beberapa penilitian di amerika,susu kambing terbukti mempunyai efek anti kanker.

Susu kambing etawa Bersifat Alkali, 13% lebih kalsium, 25% lebih vitamin B-6 , 27% lebih antioksidan dan selenium, 47% lebih vitamin A, 1.34% lebih potassium, 3.5% lebih niacin. Niacin adalah nama lain untuk Vitamin B3, yang diperlukan oleh tubuh kita untuk peredaran darah dan kulit yang sehat. Niacin penting dalam menghasilkan energi dari pada gula (blood sugar) dalam pembuatan lemak. Ia membantu dalam fungsi sistem saraf, dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein dan dalam produksi asam hidroklorik untuk sistem pencernaan. Ia juga terlibat dalam produksi cairan empedu dan perut yang normal dan sintesis hormon reproduksi cairan manusia. Niacin juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan memperbaiki peredaran darah. Ia juga membantu dalam penyembuhan penyakit mental seperti schizophrenia. Kekurangan Vitamin B3 yang bisa menyebankan kelelahan, lemah badan, kulit merekah, bengkak mulut dan lidah, diare, gangguan mental, sakit kepala.

Susu kambing juga memiliki tekstur lemak yang lembut dan halus, ukuran butiran lemaknya lebih kecil dari susu sapi, asam lemaknya berantai pendek dan sedang, laktasenya juga ringan sehingga susu kambing lebih mudah dicerna dan tidak menimbulkan alergi ataupun diare.Susu kambing ini banyak dikonsumsi di negara-negara maju sebagai pengganti susu sapi. Dilaporkan bahwa bayi yang mengalami alergi pada saluran pencernaan berangsur-angsur sembuh setelah diberi susu kambing. Susu kambing juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan pada anak, menambah vitalitas dan daya tahan tubuh, menetralkan asam lambung, bahkan bisa mengatasi impotensi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mack diketahui bahwa kelompok anak yang di beri susu kambing memiliki bobot badan, kepadatan tulang, mineralisasi kerangka, vitamin A plasma darah, riboflavin, kalsium tiamin, niacin dan konsentrasi hemoglobin yang lebih tinggi dibanding kelompok anak yang di beri susu sapi.

Penelitian juga dilakukan oleh Departemen Fisiologi Universitas Granada yang menyimpulkan bahwa susu kambing mempunyai manfaat yang lebih banyak bagi kesehatan dibandingkan susu sapi. Kelebihan susu kambing adalah : membantu mencegah hilangnya mineral pada tulang atau pelunakan pada tulang (demineralisasi) dan membantu mencegah anemia (kekurangan zat besi).

So.. Jangan ragu lagi dengan susu kambing etawa, selamat mencoba ;) (rrw)

Referensi:
Moeljanto, Rini Damayanti dan Wiryanta, B.T. Wahyu. 2002. Khasiat dan
Manfaat; Susu Kambing. Depok: , Agromedia Pustaka.
http://susukambingherbal.blogspot.com
http://uniqpost.com/29351/manfaat-susu-kambing-etawa/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar