Senin, 09 Januari 2012

Merencanakan program swasembada daging untuk tahun 2014

0 komentar

Sekarang ini pemerintah  mencanangkan suatu Program  Swasembada Daging  (PSDS) 2014. Program ini berguna untuk memenuhi pasokan daging yang menjadi konsumsi masyarakat Indonesia dan tidak ada lagi import daging dari luar negeri. Program ini mempunyai suatu tujuan yaitu mensejahterahkan program kemasyarakatan dalam memenuhi kebutuhan di bidang gizi yaitu khusus nya kosumsi dalam pangan.

  Seharus nya kita bertanya tentang kekurangan negri ini yaitu Indonesia. Indonesia yang dikenal dengan Negara yang subur ternyata belum  mampu mengembangkan aset yang ada. Dalam bidang daging khususnya, banyak peternakan berdiri dimana-mana di wilayah Indonesia tetapi masih belum bisa mengatasi kemiskinan gizi dalam pertumbuhan anak-anak Indonesia maupun masyarakat luas Indonesia. Hal ini dimungkinkan karena kurangnya memanajemen dalam suatu perternakan sehingga hasil yang di dapatkan tidak ada perkembangan, manajemen itu seperti halnya kandang, pakan, maupun kesehatan.

mungkin karena  semua keterbatasan , entah itu karena keterbatasan sarana dan prasarana atau pun keterbatasan kekuranagn SDM yang mampu bersaing dengan Negara luar yang tidak sebesar dan sesubur Indonesia tapi Negara  nya terus berkembang. Keterbatasan SDM  bisa di mungkinkan karena kurangnya jangkauan pemerintah dalam pengemmbangan anak bangsa dalam bersekolah, meskipun ada tapi mungkin anggaran dana belum sampai ke tangan yang penerima.

Dari dunia peternakan, konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia masih sangat rendah, yaitu sekitar 6 gram/kapita/hari (Han, 1999). Pengembangan sebaik nya dimulai dari pengembangan ternak lokal Karena selain sudah beradaptasi dengan lingkungan setempat juga akan memudahkan dalam proses pemeliharaan. Selain untuk memperbaiki dari peternakan lokal, tetap harus ada anggaran dana yang tercurah dari pemerintah dan perbaikan akan skill masyarakat dalam pengembangan masyarakat di bidang manajemen peternakan agar menghidupkan Negara yang berkembang dengan gizi yang baik.

(Universitas udayana.Bali)
Brian. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar