Selasa, 16 April 2013

Oklahoma (AS) Izinkan Kuda Sebagai Ternak Potong

0 komentar


       Oklahoma (Amerika Serikat) selangkah lebih maju dengan mengizinkan peternak menjagal kuda sebagai daging konsumsi pada Jumat (30/3), ditandai dengan penandatanganan undang-undang oleh gubernur setempat. Izin khusus diberikan kepada peternakan yang sudah mendapat pengesahan dari pemerintah pusat.

         


        Gubernur Mary Fallin mengesahkan penjagalan kuda sebagai daging konsumsi dan yang mungkin akan dikemas untuk ekspor. Tetapi rumah jagalnya juga harus mendapat pengesahan dari Departemen Pertanian Amerika Serikat.
       Penjagalan kuda untuk mendapat daging konsumsi telah dilarang di Oklahoma sejak 1963 dan hanya dilakukan di Texas dan Illinois sampai kongres menghentikannya pada tahun 2006 tetapi larangan kongres itu dicabut pada 2011.
        Fallin mengatakan, penjagalan kuda di Oklahoma akan menerapkan cara yang lebih humanis ketimbang praktik serupa di Meksiko dan akan diawasi oleh pemerintah pusat. 
      Daging kuda menjadi sorotan di Eropa pada Januari ketika suatu pemeriksaan produk daging di Irllandia menemukan DNA yang unik.
         Perkumpulan Humanis dan pegiat Hak Satwa menentang undang-undang baru itu, sedangkan peternak mengatakan akan mengganti peliharaan mereka dan akan menguntungkan pemilik kuda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar