Senin, 22 April 2013

Manfaat Kambing bagi Kesehatan

0 komentar
Kambing adalah salah satu hewan yang daging dan susunya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan manusia. Tahukah anda, daging kambing merupakan salah satu daging terbaik didunia. Dalam 100 gram kambing mengandung 154 kalori, 9,2 mg lemak, dan 3,6 mg lemak jenuh. Daging kambing juga  mengandung sumber zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium. Namun, kadar lemak pada kambing memiliki persentase kolesterol lebih tinggi dibandingkan dengan ayam atau daging sapi. Daging kambing yang terbaik untuk dikonsumsi adalah kambing berumur di bawah 6 bulan, karena kadar kolesterolnya tidak terlalu tinggi. Untuk orang yang memiliki penyakit darah rendah, dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 tusuk sate kambing tiap harinya, terutama beberapa tusuk hati untuk meningkatkan tekanan darah. Memang belum ada bukti medis, namun banyak fakta menunjukkan bahwa makan daging kambing bisa meningkatkan tekanan darah.

Sedangkan untuk susu kambing khususnya jenis etawa memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan susu dari ternak ruminansia lainnya. Menurut Journal of American Medicine, susu kambing adalah makanan paling lengkap yang diketahui. Susu kambing mengandung vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang mudah dimanfaatkan tubuh anda. Bahkan, tubuh Anda dapat mencerna susu kambing hanya dalam 20 menit. Bandingkan dengan 2-3 jam yang dibutuhkan untuk mencerna susu sapi. 

Susu kambing adalah susu yang paling mirip dengan susu ibu dari segi komposisi, nutrisi, dan sifat kimia alami. Hal ini membuat susu kambing menjadi makanan ideal untuk menyapih anak. Eter gliserol yang jauh lebih tinggi pada susu kambing dibandingkan pada susu sapi juga membuat beberapa dokter merekomendasikannya untuk perawatan gizi bayi yang baru lahir. Susu kambing adalah salah satu obat terbaik untuk membangun kembali jaringan otak, sel-sel tubuh, sistim saraf, dan kemampuan mental. Susu kambing bermanfaat bagi kesehatan karena memiliki protein lengkap dari semua jenis asam amino esensial tanpa kandungan lemak sebesar susu sapi. Molekul-molekul lemaknya hanya sebesar 1/9 ukuran molekul susu sapi, sehingga lebih mudah dicerna.  Orang-orang yang alergi dengan susu sapi bisa meminum susu kambing tanpa masalah. Alergi terhadap susu sapi dapat ditemukan pada orang-orang yang memiliki kondisi seperti infeksi telinga kronis, asma, eksim, dan artritis. Meminum susu kambing dapat mengurangi gejala penyakit-penyakit tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar