Minggu, 24 Maret 2013

To be Multitalented Veterinarian bersama drh. Deddy F.K

0 komentar
Tuban,23 Maret 2013. Saya (Habyb Palyoga) berkesempatan menemani drh. Deddy F. Kurniawan mengunjungi sebuah farm dibawah naungan group Dairy Pro selaku consultant farm tersebut. Dairy Pro merupakan sebuah komunitas maupun group yang dibentuk oleh drh. Deddy F.Kurniawan khusus bagi peternak yang bergerak di bidang dairy agar tidak gamang dan salah dalam mengambil keputusan dan menghasilkan produk yang baik dan berkualitas sehingga akan menggiring ke arah kesuksesan.

dokter Deddy mengecek sekeliling Kandang
Kunjungan pertama yang dilakukan dokter deddy dengan memulai mengecek manegement salah satu peternakan disana (dibawah naungan Dairy Pro Group). Hal yang biasa di cek antara lain : data-data peternakan seperti data kelahiran,data pakan,dan lain-lain. Kemudian keadaan lapangan seperti persediaan pakan dan management kandang lainnya.

Mengecek Cadangan Makanan (Silase)
Salah satu catatan yang paling menarik yaitu kesiapan dairy ini dalam menghadapi musim kemarau. Dimana dalam musim kemarau Tuban akan menghadapi kekurangan hijauan,namun pada dairy yang kami kunjungi itu sudah menyimpan silase dalam jumlah yang banyak dalam penyimpanannya. Sebagai hal yang diketahui,silase merupakan sebuah hasil proses penyimpanan hijauan dalam kondisi anaerob,sehingga jumlah air menurun sedangkan energy bertambah sehingga akan berdampak pada konsumsi ternak khususnya sapi perah. Dimana,jumlah kg pakan akan lebih rendah namun energi yang dihasilkan lebih tinggi. drh. Deddy F.K menambahkan,dalam pembuatan silase hanya membutuhkan minimal 3 minggu setelah disimpan. Langkah pertama yang dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan untuk silase. Syarat untuk silase antara lain bahan pokok,yaitu sumber karbohidrat yang memiliki pati ynag tinggi seperti rumput gajah dan daun jagung,kemudian ditambahkan dengan starter seperti ragi kemudian ditutup agar kondisi anaerob dibiarkan sampai tiga minggu,sampai aroma silase harum. Dan siap diberikan kepada ternak.

Setelah melihat record peternakan sejak ditinggalkan,kemudian drh. Deddy beserta pemilik peternakan mengajak saya ke tempat (calon) usahanya. Dimana sebuah ruko kosong dan rencananya akan dijadikan tempat berjualan susu segar dan produk hasil olahan susu lainnya.

drh. Deddy pun mengatakan " Sebuah dairy tidak akan mendapatkan profit jika tidak mempunyai anak usaha,jadi kalau kamu ingin memiliki peternakan susu perah,harus memiliki side bussinesnya,seperti yang akan dijalani bapak ini (owner farm yang kami kunjungi). Karena hanya menjual susu segar tidak akan membantu apa-apa,bahkan untuk mengembalikan modal saja tidak cukup.

Sebuah nilai plus yang dimiliki oleh dokter deddy yaitu selain sebagai consultant kesehatan ternak,plus management beliau juga aktif dalam memberikan nasihat seputar  bussines yang harus dijalankan oleh cliennya. Terbukti,beliau juga dipercaya menjadi konsultant untuk bisnis yang akan dibangun oleh cliennya itu seperti konsep kedai,cara pendistribusian sampai hal yang sepele seperti peletakan papan iklan dan warna cat kedai nantinya.

Gudang Pakan Tuban
Setelah berdiskusi panjang lebar,kemudian kliennya membawa kami ke sebuah gudang pakan milik group peternak tersebut. Gudang ini mendistribusikan sekitar 160 ton perbulannya,khusus untuk member group tersebut di kota tuban. Dan dalam diskusi yang dilakukan oleh dokter Deddy dan kliennya itu mengatakan,ilmu statistika sangat dibutuhkan disini,karena harus mengkalkulasikan pakan ternak sedemikian rupa,agar yang dimakan lebih banyak dicerna dibanding tidak dicerna agar jumlah energi yang dihasilkan lebih besar dan otomatis produskinya kan besar pula.

drh. Deddy F.K melakukan pengecekan bahan pakan
Beberapa bahan pakan juga sempat diperkenalkan oleh dokter Deddy kepada saya seperti Kopra Dalam Bentuk Pelet,kemudian merica,tetes tebu,dan beberapa mineral untuk sapi. Namun drh Deddy mengingatkan,sebenarnya yang harus diperhatikan adalah mikronutrisinya,karena sapi memiliki mikroorganisme yang membantu dalam mencerna makanan. Jika ingin produksi tinggi,maka berikan nutrisi bagi mikroorganisme sapi,maka jumlah energi yang dihasilkan akan semakin tinggi.

Setelah seharian mengikuti drh. Deddy F.K saya mendapatkan kesimpulan,jika ingin menjadi seorang dokter hewan harus memiliki nilai plus seperti dokter Deddy. Dimana dalam pengamatan saya beliau memiliki beberapa talent seperti tenaga medis khususnya sapi perah,management yang baik,konsultant bisnis dan pensehat dibidang lainnya. Sehingga kunjungan ini memacu saya untuk mempelajari semua ilmu,untuk memperkuat ilmu yang saya tekuni menjadi seorang dokter hewan.

Sebuah pesan yang saya ingat dari dokter Deddy "Untuk menjadi dokter hewan yang berkarakter,saat menjadi mahasiswa kamu harus bermodalkan nekad,karena kesalahan hanya bisa diterima ketika kamu menjadi mahasiswa,maka nekat dulu! jangan berfikiran macam-macam. Setelah nekad,baru fikirkan jalan selanjutnya" kata beliau diakhiri dengan gelak tawa.

reported by Habyb Palyoga (@habybpalyoga)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar