Senin, 18 Maret 2013

Workshop “Inseminasi Buatan pada Kambing” Perdana di PKH

0 komentar
Pada tanggal 16-17 Maret 2013 bertempat di gedung PKH-C5 dan rumah bapak Nuryadi, IMPROVE KERTAS (Kelompok Ternak Besar) sukses mengadakan Workshop IB kambing yang pertama kali diadakan di Program Kedokteran Hewan. Acara yang bertujuan untuk memberikan pelatihan bagaimana cara melakukan IB pada Kambing diikuti oleh 45 peserta dari angkatan 2009 - 2011.





Acara terbagi atas 2 sesi. Sesi pertama yaitu sesi workshop yang dilaksanakan pada hari sabtu (16/03) di gedung PKH-C5 dengan mendatangkan Dr.Ir.Nuriyadi sebagai pemateri. Sesi pertama dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Pada sesi ini Dr.Ir.Nuriyadi menjelaskan apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan IB pada kambing, seperti manejemen waktu pelaksanaan IB yaitu pada saat kambing sedang estrus. Kemudian perlu dilihat deposisi IB yaitu pada canalis cervicalis bagian caudal. Pada IB kambing ini bapak Nuryadi mengajarkan metode menggunakan spikulum sebagai alat bantu IB. Sesi selanjutnya dimulai pada pukul 08.00 – 15.00 dan berlangsung di rumah bapak Nuryadi yang bertempat di Perumahan Sengkaling Indah. Dalam pelatihan ini panitia menyediakan 2 ekor kambing untuk satu kelompok yang terdiri atas 3 peserta, jadi 1 peserta mendapatkan jatah 2 kali IB.





Pelatihan IB kambing merupakan acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa PKH, hal ini dikarenakan jarang sekali dilaksanakan pelatihan IB, khususnya pada ternak kambing. Walaupun pada awalnya terdapat kesulitan dalam masalah adminitrasi namun panitia berhasil mengatasinya. “Harapanya pelatihan IB bisa dilakukan tiap semester dan peserta tidak hanya berasal dari PKH UB saja” ujar Rima sebagai ketua pelaksana.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar