Senin, 27 Februari 2012

Ekskavasi arkeologi di Saudi Arabia menemukan jejak domestifikasi kuda paling tua ini.

0 komentar

Sebuah Ekskavasi Arkeologi di Negara Arab Saudi menemukan suatu jejak peradaban yang di perkirakan dari tahun 9.000 tahun silam atau setara dengan 7.000 sebeum masehi. Sebuah penelitian dari badan Ekskavasi itu menyebutkan bahwa, pada waktu itu atau 7000 sebelum mashi memang sudah ditemukan atau di dapatkan adanya dosmetifikasi dari kuda (cikal bakal pternakan kuda) di daerah sekitar semenanjung Negara Arab.

Dari suatu peradaban tersebut dinamakan perdaban Al Maqar, yang sesuai dengan nama dari situs lokasi di temukan penemuan arkeologi. Temuan ini sekaligus menjadi teori ilmiah baru yang mengenai domestifikasi hewan. 

Ali Al-Ghabban selaku  wakil direktur kepurbakalaan dan museum dari komisi pariwisata dan kepurbakalaan Arab Saudi, mengatakan bahwa sebelumnya sudah di yakini dosmetifikasi hewan tertua dalam peradaban manusia adalah 5.500 tahun lalu di asia tengah.

“Penemuan (di Al Maqar) ini merupakan peradaban yang sangat maju dari masa Neolitik. Situs ini memperlihatkan secara jelas akar domestifikasi kuda-kuda sejak 9.000 tahun lalu,” kata Al-Ghabban, seperti dikutip Gulf News.

Ekskavasi di Al Maqar juga menemukan sebuah artefak dan sebuah fitur penting dari peradaban 9000 tahun silam atau 7000 sebelum masehi. Penemuan itu termasuk sebuah kerangka manusia yang di mumikan, kepala panah, sebuah penggilingan gandum serta alat tenun. Dari sejumlah temuan dapat ditemukan bahwa penemuan tersebut memperlihatkan manusia yang tinggal di peradaban al maqar memiliki sebuah keahlian di bidang kerajinan tangan.

Brian ^_^

Sumber :Indofiles.org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar