Jumat, 08 Juni 2012

Talkshow “The Importent Process for the Best Quality milk” Kelompok Ternak Besar(KERTAS)

0 komentar

Penyerahan Vandel oleh dra.Herawati ke Heru Prabowo

Dalam memperingati hari susu sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2012, Kelompok Ternak Besar atau yang biasa disebut dengan KERTAS Program Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya dengan sukses menyelengarakan Talkshow berjudul “The Importent Process for the Best Quality milk”. Acara yang bertempat di Gedung FAAL Fakultas Kedokteran lantai 3 RK 1 itu merupakan kelompok minat profesi yang berada dibawah naungan Ikatan Minat Profesi Veteriner (IMPROVE). Acara yang diketuai oleh Luddy Adrian (2009) ini berlangsung pada tanggal 6 juni 2012 jam 4 sampai selesai. Acara yang dibawa oleh Fitri Amalia (2009) dan Emje Fida (2009) ini pertama-tama dibuka dengan basmallah setelah itu dilanjutkan dengan pembukaan. Pembukaan pertama tentu saja oleh Ketua Pelaksana Luddy Ardian (2009), kemudian setelah itu langsung dilanjutkan pembukaan kedua oleh Presiden BEM Faizal Agung P. (2009). Setelah itu dilanjutkan dengan Membacakan CV moderator, dan dilanjutkan dengan pembukaan moderator yaitu Furqon adimas (2008). Setelah bercuap-cuap dengan moderator, selanjutnya moderator membacakan CV Pemateri yaitu Kepala divisi Greenfield yaitu drh. Heru Prabowo dengan materi “Dairy Industri Update” and How Veterinary Student Prepare to Involve in it.

Sepenggal materi yang disebutkan oleh drh. Heru Prabowo adalah Situasi Produksi susu di Indonesia tahun 2004 yaitu 0,414 TON sedangkan jauh dari yang tertinggi yaitu Amerika serikat, sedangkan angka tertinggi di Asia yaitu India. Kebutuhan atau konsumsi susu di Indonesia itu kurang, 70% susu di Indonesia pun masih Import dari supply peternakan susu Indonesia yaitu 0.414 maka 1.377 ton kebutuhan susu Indonesia merupakan hasil Import. Pada saat sesi tanya jawab salah satu peserta Anggun(2010) bertanya “Apakah lebih baik pemerintah itu menaikan produksi susu, atau menaikan konsumsi susu di Indonesia?” dengan senyumnya drh heru menjawab, “Tentu saja dua-duanya, karena jika hanya menaikan konsumsi maka hanya akan menambah devisit bagi Indonesia saja, ketika kebutuhan akan susu memang naik namun produksi susu kurang maka Indonesia menambah improt dari susu bukan? Namun juga ketika hanya menaikan Produksi susu di Indonesia saja maka Konsumsi akan tetap dan tidak akan ada perubahan bukan? Hal ini sama saja ketika ada pertanyaan dulan ayam atau telur” . Setelah sesi tanya jawab tersebut berlanjut dengan penutupan dan pengumuman acara ke 2 yaitu Pembagian Susu Gratis di Car Free Day (jln. Ijen) hari Minggu besok 10 Mei 2012 berkumpul di depan Gereja ijen jam 7.

Gambar 1. Pembukaan Acara oleh MC



Gambar 2. Foto bersama oleh pemateri

“Tujuan secara umum dari acara ini yaitu agar mahasiswa dapat mengerti kondisi Dairy Farm di Indonesian pada khususnya dan Asia Pasific umumnya, selain itu setelah acara ini mahasiswa mengerti peranan dari dokter hewan khususnya pada bagian Dairy Farm” sahut Ketua pelaksana talkshow untuk memperingati hari susu ini yaitu Luddy Ardian(2009). (fs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar