Kamis, 09 Mei 2013

SUSU KUDA LIAR SUMBAWA

0 komentar



Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia dan manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi dan ,kambing) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia. Namun saat ini banyak orang yang mulai mengonsumsi susu kuda liar sebagai pengganti susu sapi maupun susu kambing.
Kuda yang hidup secara ekstensif atau dibiarkan secara liar di alam seperti khususnya di pulau  Sumbawa. yang  mulai dikenalkan pada tahun 1998  oleh khalayak umum untuk dikonsumsi susunya karena khasiatnya. susu kuda liar pun memiliki  keuggulan karena protein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi sehingga cocok untuk bayi atau orang yang intoleransi laktosa. Menurut Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di beberapa daerah menunjukkan bahwa susu kuda Sumbawa bersifat asam dengan, pH 3-4, tidak mengandung bakteri patogen, bahan pengawet maupun bahan yang membahayakan, serta nilai gizinya baik dan kadar lemaknya rendah, yaitu 0,97%. Ciri khas dari susu kuda liar ini ialah memiliki rasa yang agak sepat dan asam, serta memiliki bau yang sedikit masam dibandingkan dengan susu kambing ,sapi maupun kerbau.
  Beberapa  khasiat dari susu kuda liar ini  memberikan  Efek yang sangat baik bagi kesehatan saluran pencernaan, hal ini disebabkan oleh kandungan yang terdapat pada susu kuda liar yaitu prebiotik alami. Hanya dengan dosis yang dianjurkan atau sebanyak 50cc, maka prebiotiknya sudah dapat secara optimal menekan jumlah bakteri jahat yang terdapat dalam saluran pencernaan, seperti penyakit  tifus, kolera, disentri juga TBC, Leukimia , Tumor, dan menyembuhkan radang usus serta menyembuhkan eksim.Selain baik bagi kesehatan tubuh dan saluran pencernaan ,keistimewaan lain dari susu kuda liar ialah lebih tahan lama dari pada susu dari hewan lain karena tidak mengalami penggumpalan dan kerusakan meski pun tidak dipasteurisasi dan tidak diberi bahan pengawet apapun , sehinggah bertahan  ± 1 tahun dengan cara menyimpannya di lemari pendingin. Sifat ini disebabkan karena adanya senyawa “antimikroba galactoferin” yang dapat menghambat pertumbuhan atau membunuh bakteri. Dan juga susu kuda liar  kaya akan mineral dan vitamin ( vitamin A,B2, B6, B12, C, E, zat besi, kalsium, kalium dan magnesium).












 REFRENSI


 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar