Kamis, 31 Mei 2012

Kuliah kelompok KERTAS (Kelompok Ternak Besar) tentang ternak babi.

0 komentar

Malang, 28 mei 2012
Kuliah kelompok ini termasuk kuliah kelompok yang diadakan oleh sebagian dari aanggota kertas untuk menunjang ilmu dari KERTAS(Kelompok Ternak besar), sehingga para anggota dari KERTAS bisa mengenal terlebih dahulu tentang ternak babi, bagaimana cara pengobatan, pemberian pakan hingga kandang serta manajemen yang baik dari tenak babi. Sebenarnya kuliah kelompok ini kedua kalinya diadakan oleh KERTAS , kuliah pertama kelompok KERTAS tentang sapi perah dan manajemennya kemudian sekarang dilanjutkan dengan kuliah kelompok ternak babi. Peserta yang hadir merupakan peserta yang kebayakan berasal dari anggota KERTAS dan sebenarnya kuliah kelompok ini di buka untuk semua divisi IMPROVE(Ikatan Minat Profesi Veteriner).

Pembahasan dari kuliah kelompok tersebut adalah bagaimana perkandangan babi yang dilakukan oleh peternak babi, ada perkandangan all in one dan sebaliknya one in all. Ada perkandangan yang di bedakan berdasarkan umur dan ada juga yang langsung di jadikan satu kandang. Babi yang pertama dibahas adalah dari jenis dari babi, secara umum babi dibagi menjadi 3 yaitu babi berdasarkan lemak, babi berdasarkan daging dan babi yang bersifat dwiguna atau lemak dan daging. Berdasarkan lemak yaitu babi yang digolongkan berdasarkan kadar lemak yang banyak diantarnya yaitu babi hutan yang merupakan babi yang terdapat di Indonesia serta bewarna hitam dan besar. Babi berdasarkan daging yaitu babi yang memang di khususkan untuk diambil dagingnya, sehingga babi tersebut di ternakan diantaranya yaitu Poland china, spot dkk. Babi dwiguna adalah babi yang diambil dagingnya serta di manfaatkan yang lainya, seperti contohnya yaitu Yorkshire. 

IB merupakan pemasukan sel sperma melewati strow yang dimasukkan lewat alat IB. pada IB di babi juga sudah dilakukan, pada umunya yang kita dengar adalah IB pada sapi yang sering didengar oleh masyarakat tetapi pada babi juga sudah dilakukan IB. perlakuan IB pada babi dilakukan untuk menghindari penyakit kelamin yang semakin meluas. Sekali beranaka babi bisa menghasilkan 12-14 anak, tetapi pada normalnya ada 12 yang disesuaikan oleh jumlah puting dari babi betina.

Vaksin merupakan pemberian antibody tambahan terhadap penyakit, vaksin pada babi merupakan hal yang tidak dipandang janggung atau tidak banyak di kenal orang. Kebanyakan peternak pemberian vaksin tidak sering seperti halnya pada peternak babi di kampung atau pedesaan, mereka lebih banyak memperbaiki dari pakan yang diberikan. Vaksi juga di berikan pada babi yang sedang bunting.
Brian ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar