Rabu, 08 Februari 2012

Keistimewaan Daging Sapi Wagyu

2 komentar

Tahukah anda mengenai sapi wagyu? Para pecinta steak mungkin tidak awam dengan daging sapi wagyu. Wagyu berasal dari kata Wa dan Gyu. Wa berarti jepang, Gyu berarti sapi. Jenis sapi wagyu memang dikembangkan dari Jepang, tepatnya di Kobe. Sapi tersebut merupakan sapi bertanduk yang berambut hitam dan merah. Kualitas daging paling baik dimiliki oleh Wagyu berbulu hitam. Betisnya kuat dengan berat rata-rata ketika lahir sekitar 70 ponds. Ternak wagyu dibesarkan dalam sebuah lokasi penggemukan selama 300 hingga 600 hari untuk menghasilkan kadar lemak otot yang tinggi, secara umum, semakin tinggi lemak otot di sepanjang daging, semakin tinggi kualitas daging secara keseluruhan.Banyak yang mengatakan daging sapi wagyu mempunyai kualitas nomor satu di dunia. Hal ini yang menyebabkan harganya mahal. 

Sapi wagyu saat diternakan, mendapat penanganan yg ekstra luar biasa,  untuk relaksasi sapi ini setiap hari di pijat dengan pijatan khas jepang untuk membuat daging Wagyu empuk. Begitu juga dengan makan minumnya. sapi ini di beri minum sake atau bir jepang agar ia rileks dan tidak stres selain itu juga mendapatkan suplai ramuan - ramuan ala jepang. Makanan yang dikonsumsi Wagyu tidak hanya rumput tapi juga jagung, barley, berbagai macam vitamin bahkan juga kalsium. Untuk membuatnya bersih dari parasit yang hidup di kulit sapi seperti lalat dan kutu, Wagyu dimandikan dengan sake, minuman khas Jepang. Selain di jepang wagyu juga terdapat di australia teapi bibit - bibit sapinya tetap berasal dari jepang sehingga di kenal dengan sebutan Wagyu Australia. 

Daging wagyu tak hanya kaya nutrisi seperti Omega 3 dan 6, tetapi juga rendah lemak. Bahkan, konsumsi daging wagyu dipercaya baik untuk kesehatan kulit, menurunkan kolesterol jahat, serta mencegah kanker. Sebuah penelitian yang dikembangkan di Washington State University, AS menemukan bahwa secara infrastruktural, anatomi sapi Wagyu mengandung dua kali lebih tinggi unsur lemak tak jenuh dibandingkan daging sapi lain yang diternakkan secara tradisional. Oleh karenanya tidak heran, sapi Wagyu menghasilkan produk daging yang lebih sehat dan juga lebih lezat. Dagingnya yang empuk dan lembut membuat wagyu mudah 'meleleh' di lidah. Setelah dimakan, rasa enaknya pun tetap menempel hingga pangkal lidah. Begitu istimewanya wagyu, sehingga tak heran jika harganya sangat mahal. Biasanya para penikmatnya datang dari kalangan menengah atas. Wagyu jepang harganya bisa mencapai Rp 1jt/kg, bahkan lebih. Untuk wagyu australia bisa mencapai Rp 500rb/kg, tergantung standar marblingnya. Wagyu australia terbagi menjadi beberapa kelas menurut standar Marbling. Marbling adalah komposisi titik - titik putih dalam daging. semakin banyak marbling daging kualitas daging akan semakin baik, dan rasanya akan semakin gurih. (rrw)

2 komentar:

Danang D. Cahyadi mengatakan...

emang mantap steak wagyu tuh,,,,lebih maknyuss,,
apalagi kalo steaknya "rare"....jusnya kerasa...nikmat.
Salam.

IMPROVE KERTAS mengatakan...

Iya,terima kasih telah berkunjung :)

Tim publikasi IMPROVE KERTAS

Posting Komentar