Selasa, 20 Desember 2011

KERTAS : Kunjungan ke AGRIRANCH

0 komentar
Sabtu, 28 Mei 2011 Divisi Kelompok Ternak Besar (KERTAS) IMPROVE UB melakukan kunjungan ke Agriranch. Tiga puluh mahasiswa anggota KERTAS telah bersiap sejak 06.30 lengkap dengan jas OC kebanggaan Universitas Brawijaya berkumpul di depan KPRI UB. Kemudian bergabung bersama dengan teman-teman KESPER yang kebetulan juga akan melakukan Goes to RPA Surabaya di depan gedung E Pasca Sarjana. Setelah sambutan dari Ketua Umum IMPROVE Diki Firmansyah (0811310015) dan briefing para peserta kunjungan menuju Agriranch menggunakan sepeda motor.

Penjelasan Awal pak Alex dari AGRIRANCH
Sekitar dua puluh menit rombongan sampai di lokasi. Kami disambut dengan sangat ramah oleh Pak Alex di selasar kantor. Kemudian acara dibuka oleh Afwan Fitra Asyifak (105130101111002) selaku pimpinan rombongan, Pak Alex kemudian menjelaskan mengenai Agriranch. Agriranch adalah suatu perusahaan peternakan domba yang berlokasi di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Budidaya domba yang dilakukan oleh Agriranch meliputi Breeding dan Fattening. Sebagai upaya untuk mengembangkan usaha breeding domba, Agriranch mempunyai keterbatasan salah satunya adalah lahan, sehingga melakukan bekerjasama dengan peternak melalui pola kemitraan saling menguntungkan.Setelah menjelaskan beberapa kendala dan hambatan mengenai kesehatan domba dan manajemen peternakan, rombongan dibagi menjadi dua kelompok untuk diajak berkeliling kandang.

Kelompok pertama bertugas mencatat dan bertanya mengenai kesehatan domba dan segala macam penyakit. Sedangkan kelompok kedua bertugas mengamati manajemen perternakan. Asisten kandang yang ramah dan ahli membantu kami belajar banyak hal pagi itu. Setelah sekitar tiga puluh menit berkeliling, rombongan kembali ke selasar. Selanjutnya diskusi mengenai banyak hal dimulai. Tepat pukul 10.30 diskusi berakhir yang ditutup oleh Hendra Legatawa (0911310014) serta pemberian cenderamata.

Kunjungan tidak berhenti hingga hari itu saja, setiap kelompok peserta diwajibkan membuat laporan berupa makalah dan ppt yang dipresentasikan pada pertemuan KERTAS selanjutnya. Laporan tersebut sekaligus membagi ilmu yang didapat pada kunjungan kepada seluruh anggota KERTAs yang tidak beruntung mengikuti kunjungan. Semoga kunjungan sejenis ini dapat rutin dilakukan dan dapat mengajak 103 orang anggota KERTAS IMPROVE UB. Viva Veteriner (ps).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar