Kamis, 19 April 2012

Pelepah Sawit Bisa Dijadikan Pakan Ternak Sapi

0 komentar

Limbah kelapa sawit merupakan limbah yang mungkin tidak bisa di pakai karena bingung, mungkin yang paling banyak digunakan sebagai lidi ataupun pagar kebun yang sederhana. Namun ketika limbah kelapa sawit tersebut di berikan kepada ternak untuk padat gizi. Limbah kelapa sawit yang di berikan merupakan pelepah sawit.

Masyarakat Kampar, Riau telah menerapkan atau  sudah mencoba membuat pakan ternak sapi dengan bahan  dari limbah pelepah sawit yang banyak berceceran ketika menjelang panen tiba. Hasil temuan LIPI, langsung dicoba Pemkab Kampar, Riau. Bupati Kampar, Jefry Noer lewat program pengentasan kemiskinan dengan menggelontorkan dana APBD sebesar Rp 165 miliar. Salah satunya mencoba membudidayakan pakan ternak sapi dengan modal sampah pelepah sawit tersebut.

Untuk menyulap pelepah sawit menjadi pakan sapi, ternyata tidaklah terlalu sulit. Detikcom yang diberi kesempatan mampir di Desa Kubang Jaya, Kabupaten Kampar, sebagai pusat pelatihan tersebut, melihat secara jelas proses pembuatan pakan sapi yang sangat sederhana.

Caranya, 
  1. menggunakan mesin genset untuk penghancur pelepah sawit yang nantinya akan menghasilkan suatu serabut-serabut halus dan di kumpukan
  2. kemudian di campurkan dengan takaran tiap baskom serabut pelepah sawit di campur dengan satu gayung dedak padi, segelas air gula merah serta garam secukupnya dan perlu di tambahkan vitamin untk ternak sapi. Setelah itu adonan di aduk dan ditutup rapat dan didiamkan selama 21 hari.

Pakan bisa bertahan selama 2 tahun dengan tidak busuk. Setelah 2 hari pakan sudah siap di berikan ke ternak sapi, pemberian sebanyak 2 kali sehari. (kata Bupati Kampar, Riau, Jefry Noer kepada detikcom, Senin (26/3/2012)).Lewat dana bergulir yang disediakan Pemkab Kampar sebesar Rp165 miliar, nantinya masyarakat desa akan mendapatkan pinjaman dana baik untuk membeli mesin. Sedangkan sapi, nantinya juga disediakan maksimal 10 ekor bagi masyarakat yang ingin beternak sapi. Namun tetap saja, dana bergulir itu nantinya akan tetap kembali ke Pemkab Kampar.

"Kita memberikan pelatihan ini, dengan harapan para peternak sapi dapat memanfaatkan pelepah sawit yang terbuang selama ini menjadi pakan ternak sapi. Jadi mulai sekarang, jika ada pelepah sawit jangan dibuang, karena masih bisa menjadi alternative pakan ternak sapi," kata Jefry.
Brian ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar